LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah disetujui
untuk disidangkan dihadapan Tim Penguji Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Islam “45”
Bekasi.
Pembimbing I
Pembimbing II
Amin, S.Pd., M.Si. Sony Nugratama, S.Pd., M.Si.
Geografi FKIP UNISMA
Bekasi
Zulkarnaen,
S.Pd., M.Pd. Sony Nugratama,
S.Pd., M.Si.
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI
PEMETAAN
TITIK KEMACETAN ARUS LALU LINTAS JALAN DI KOTA BEKASI DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM
INFORMASI GEOGRAFI
Telah diuji dan
disahkan oleh dewan pembimbing skripsi Program Studi Pendidikan Geografi
Universitas Islam “45” Bekasi
Hari :
Tanggal :
1. Ketua : Dekan FKIP
UNISMA Bekasi
H. Zulkarnaen,
S.Pd., M.Pd.. (................................. )
2. Sekretaris : Ketua Program
Studi Pendidikan Geografi
Sony Nugratama,
S.Pd., M.Si.
( ............................... )
3. Penguji : 1). Dr. Hermanto, Drs., MM ( ............................... )
2). Yoga Candra Maulana, S.Pd ( ............................... )
3). Drs. Sugiono, M.Pd ( ............................... )
HALAMAN
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI
TUGAS
AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS
Sebagai sivitas
akademik Universitas Islam “45” Bekasi, saya yang bertanda tangan di bawah ini
:
Nama : Herman Permana
NPM :
41182170080018
Program Studi : Pendidikan Geografi
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jenis karya : Skripsi
Demi
pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas
Islam “45” Bekasi Hak Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive
Royalti-Free Right) atas karya ilmiah saya yang berjudul : “Pemetaan Titik Kemacetan
Arus Lalu Lintas Jalan Di Kota Bekasi Dengan Menggunakan Sistem Informasi
Geografi”.
Beserta
perangkat yang ada (jika diperlukan) dengan Hak Bebas Royalti Noneksklusif ini
Universitas Islam “45” Bekasi berhak menyimpan, mengalihmedia/formatkan,
mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan memublikasikan
tugas akhir saya selama tetap mencantumkan saya sebagai penulis/pencipta dan
sebagai pemilik Hak Cipta.
Demikian
pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.
Dibuat di : …………………..
Tanggal : …………………..
Yang
Menyatakan
(………………………)
LEMBAR PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Herman Permana
NPM : 41182170080018
Jurusan : IPS, Program Studi Geografi
Menyatakan bahwa
skripsi ini dengan judul ”Pemetaan Titik Kemacetan Arus Lalu Lintas Jalan Di Kota Bekasi Dengan
Menggunakan Sistem Informasi Geografi”. beserta isinya adalah benar-benar karya
sendiri, tidak ada bagian di dalamnya yang termasuk plagiat karya orang lain.
Atas pernyataan ini saya menanggung resiko atau sanksi yang dijatuhkan kepada
saya apabila di kemudian hari adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam
karya saya ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian saya ini.
Bekasi,
September 2012
Herman Permana
MOTO
Moto :
“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah
menciptakan manusia dari segunmpal darah. Bacalah, dan
Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar dengan
Qalam. Dialah yang mengajar manusia segala yang belum”
diketahui” (Q.S Al-‘Alaq 1-5)
“Musuh yang paling berbahaya di atas dunia
ini adalah
penakut dan bimbang.
Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh”
“Orang-orang hebat di bidang apapun bukan
baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi
karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk
menunggu inspirasi”
(Ernest Newman)
(Ernest Newman)
PERSEMBAHAN
Karya ini aku persembahkan :
Untuk mamah,
yang telah mendidik dan senantiasa tiada
hentinya menyayangiku.
Untuk bapak,
yang selalu membimbing dan memberikan
dukungan baik moril ataupun materi terhadapku.
Untuk adik,
yang selalu memberikan inspirasi dan
semangat kepadaku.
Untuk kake angkatku
yang selalu memberikan nasehat dan
motivasi kepadaku
Untuk teman-teman,
yang selalu membantu dalam suka dan duka.
Untuk seseorang yang ku cintai (HEMA MALINI)
yang selalu
menemani ku dan memberikan semangat kepada ku
ABSTRAK
Herman Permana. 41182170080018. Skripsi “Pemetaan Titik Kemacetan Arus Lalu Lintas
Jalan Di Kota Bekasi Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografi”. Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam “45” Bekasi 2012.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui lokasi
tiik kemacetan arus lalulintas yang ada di Kota Bekasi bagian utara serta
melakukan penghitungan volume kendaraan untuk mengetahui karakteristik
kemacetan yang terjadi di Kota Bekasi, selanjutnya dijadikan suatu model
pemetaan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi lapangan dan studi dokumentasi. Adapun objek yang diteliti menggunakan Cluster
sampling (sampel area) maka dari ke lima belas titik kemacetan lalulintas jalan kota Bekasi
diambil 5 (lima) lokasi kemacetan yaitu : Simpang Kranji, Simpang Galaksi,
Simpang MM, Simpang Pekayon dan Simpang Tol Timur.
Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti yang ada
di Kota Bekasi bagian utara terdapat 15 (lima belas) titik
diantaranya: Persimpangan Bulak Kapal, Persimpangan
Rawa Panjang, Persimpangan Tol Timur, Persimpangan Kranji Jl. Jend. A. Yani, Persimpangan
Galaksi Jl KH Noer Ali, Persimpangan Rel KA. Jl. H. Agus Salim (Pasar Proyek),
Persimpangan Metropolitan Mall, Persimpangan Pekayon Jl. Jend. A.Yani,
Persimpangan Alexindo Jl. Jend. Sudirman, Persimpangan Stasiun KA Bulan-bulan
Jl. Perjuangan, Simpang RS Bella Bank Jabar, simpang Jati Asih, Persimpangan
Cibubur, Simpang Pasar Rebo Jati Asih, simpang Pondok Gede, simpang Sumber
Artha, simpang Harapan indah.. Salah
satu sebab dari kemacetan yang terdapat di 15 (lima belas) titik tersebut ialah karena jumlah kendaraan yang akan melewati
jalan-jalan persimpangan itu pada waktu-waku tertentu lebih besar daripada daya
penampung dari jalan-jalan yang bersangkutan.
Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dalam
menentukan volume kendaraan dan karakteristik tingkat pelayanan ruas jalan dari kelima lokasi kemacetan yang sangat padat
adalah di simpang Kranji dengan volume
kendaraan yang paling tinggi sebesar 1798 dengan kapasitas 1599,98 dengan pelayanan
ruas jalan V/C= 1,071 terjdi pada sore hari pukul 17.30-18.00 dengan karakteristik
kecepatan sangat rendah ( merayap), antrian
kendaraan panjang.
Saran dari penulis
dalam meng4tasi kemacetan Kota Bekasi maka perlu dibuat yaitu: Perlunya pengurangan jumlah kendaraan
pribadi dengan mengalihkan
pada angkutan umum. Meningkatkan kedisiplinan bagi pengguna
jalan baik angkutan umum maupun mobil
pribadi. Perlu adanya pelebaran jalan. Meletakan peta titik kemacetan pada tempat yang bisa
dilihat oleh banyak orang sepanjang jalan baik di halte-halte maupun di terminal.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas
anugerah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pemetaan
Titik Kemacetan Arus Lalu Lintas Jalan Di Kota Bekasi Dengan Menggunakan Sistem
Informasi Geografi”.
Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh pengajuan
skripsi untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) pada Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Islam “45” Bekasi. Penulis menyadari selama penulisan
skripsi ini telah mendapatkan bantuan bimbingan dan arahan dari berbagai pihak.
Dalam kesempatan ini penulis menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya
kepada yang terhormat:
1.
Bapak Zulkarnaen, S.Pd., M.Pd. selaku
Dekan FKIP UNISMA Bekasi yang telah menetapkan pembimbing penulisan skripsi.
2.
Bapak
Sony Nugratama, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNISMA Bekasi dan sekaligus dosen pembimbing ke-2 yang
penuh kesabaran memberikan arahan, bimbingan,
motivasi, dan telah memberikan segala kemudahan, nasehat, saran yang tulus, pengarahan,
serta meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi
ini.
3.
Bapak Amin, S.Pd., M.Si. selaku dosen
pembimbing ke-1 yang telah memberikan arahan dan memberikan segala kemudahan,
nasehat, saran yang tulus, serta meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam
menyelesaikan skripsi ini.
4.
Seluruh
Bapak/Ibu Dinas perhubungan Kota Bekasi yang telah banyak membantu dan memberikan
kemudahan selama penulis melakukan penelitian untuk pengambilan data yang
diperlukan penelitian ini.
5.
Kedua
Orang tua yang penuh kesabaran dan memotivasi serta telah memberikan bantuan
moril maupun material yang sangat berharga dalam menyelesaikan studi.
6.
Teman-teman
seperjuangan Program Studi
Pendidikan Geografi lingkungan
FKIP UNISMA Bekasi yang telah memberikan informasi yang berkaitan dengan
penulisan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Semoga
skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
Bekasi, September 2012
Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar